Tips: Membersihkan pakaian terkena oli motor

Kadang bagi Anda yang mengenakan rok dapat menghadapi kesulitan ketika naik motor dan duduk menyamping di belakang. Rok Anda berpotensi terlilit rantai motor sehingga kotor dan hitam terkena oli. Bila pakaian Anda hitam tak mengapa karena tidak terlihat jelas, tetapi bagaimana dengan pakaian yang berwarna cerah apalagi putih?

Saya sering mengalami hal di atas dimana rok atau ujung gamis saya terkena oli. Awalnya saya tidak tahu cara membersihkannya. Kata orang membersihkannya dengan cara merendam di dalam minyak tanah. Saya browsing dan menemukan cara lain yaitu membersihkannya dengan asam atau cuka. Saya mencoba berbagai cara dari menggunakan detergen biasa, pemutih, minyak tanah, cuka namun tak ada hasil yang memuaskan.

Setelah beberapa lama seorang teman memberi tahu bahwa membersihkan pakaian yang terkena oli dengan mengucek-ngucek pakaian di bagian terkena oli dengan menggunakan sabun mandi batang. Ia juga menjelaskan bahwa pakaian yang sudah berbulan-bulan terkena oli juga masih bisa dibersihkan dengan sabun mandi.

Awalnya saya tidak percaya karena sabun mandi itu lebih lembut dibandingkan detergen sedangkan detergen saja tidak mampu membersihkannya. Tetapi akhirnya saya coba. Butuh kesabaran dalam mengucek atau menggosok-gosok dengan tangan. Alhamdulillah pakaian saya bisa bersih kembali. Kalau kurang sabar biasanya masih ada noda yang tertinggal.

Sampai sekarang saya masih sering mengalami kejadian yang sama. Alhamdulillah saya sudah tahu cara membersihkannya jadi tidak perlu histeris ketika pakaian saya kotor terkena oli rantai motor.

Selamat mencoba temans. Semoga bermanfaat… 

12 responses to “Tips: Membersihkan pakaian terkena oli motor

  1. rok saya baru tadi pagi ngakut dimotor dan kena oli saya udah coba pakai rinso cair tetapi olinya belum ilang, apa masih bisa dicucilagi pakai sabun mandi? yang Merk apa?

Leave a Reply

