Resep Donat sehat dan simple

;) Donut kJSC (18)

;) Donut kJSC (16)

Membuat donat adalah sesuatu yang menakutkan buat saya. Itu dulu. Saya yang termasuk sangat minim kemampuan dalam hal membuat kue merasa membuat donat itu ribet dan rumit. Tetapi kemudian saya dan suami mempelajari cara membuat donat yang sehat dan juga simple. Mudah untuk dibuat. Apalagi buat pemula.

Resep ini saya peroleh saat menonton tayangan Australia Masterchef. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

Mentega 100 gram

Gula pasir 75 gram

Susu cair hangat 440 ml

Ragi. Mereka menggunakan ragi segar. Bisa dipakai ragi instan sebanyak 1 bungkus atau 11 gram

Tepung terigu 600 gram.

Minyak untuk menggoreng

Toping

Cara membuat:

  1. Campur mentega dan gula pasir dalam mangkuk, lalu aduk rata.
  2. Masukkan susu cair hangat sisakan sedikit di mangkuk. Kuncinya adalah di suhu susu. Susu tidak boleh dingin dan tidak boleh terlalu panas. Bila susu dingin maka ragi yang merupakan bakteri tidak dapat berkembang hidup yang berguna untuk membuat adonan donut mengembang. Dan bila susu terlalu panas bakteri justru menjadi mati. Maka suhu susu cukup hangat-hangat kuku saja.
  3. Susu yang disisakan sedikit di mangkuk dicampur dengan ragi dan diaduk. Kemudian ragi yang telah dicampur sedikit susu tersebut dimasukkan ke dalam adonan mentega, gula, dan susu. Aduk sampai rata.
  4. Setelah rata, masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk. Adonan akan menjadi adonan yang lunak.
  5. Diamkan adonan sekitar 45-60 menit. Tutup dengan kain. Setelah 45-60 detik adonan akan mengembang.
  6. Panaskan minyak untuk menggoreng. Minyak harus panas dan banyak. Api sedang saja agar donut tidak cepat merah dan donut matang sampai ke dalam.
  7. Ambil adonan donut yang telah mengembang satu genggam dan keluarkan adonan di ujung genggaman tangan antara jempol dan telunjuk. Colek dengan ibu telunjuk kiri atau sendok untuk memisahkannya dari tangan. Persis seperti membuat bulatan bakso. Langsung masukkan ke dalam minyak panas. Buat sebesar bakso karena nanti saat digoreng akan mengembang lagi.
  8. Masak sampai matang dan kemerahan. Angkat.
  9. Setelah dingin dapat diberi aneka toping. Bisa dilumuri tepung gula kemudian ditusuk bagian tengah donut dengan ujung pisau lalu dimasukkan selai strawbery. Bisa juga dilumuri mentega lalu diberi meses, atau di lapisi coklat batang yang sudah dilelehkan dan kemudian ditaburi parutan keju.
  10. Donat siap untuk dimakan… karena kalau hanya disajikan biasanya disajikan untuk orang lain. Karena Anda yang membuat maka makanlah terlebih dahulu untuk Anda atau Anda akan kehabisan…🙂

4 responses to “Resep Donat sehat dan simple

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s