Resep: Nasi Goreng Daun Jeruk

Foto112

Nasi Goreng… Masakan yang mempunyai banyak penggemar walaupun berbeda daerah berbeda pula kekhasannya. Hampir setiap minggu pagi saya dan suami membuat nasi goreng, tentunya dengan kreasi kami sendiri. Kami ingin berbagi kepada temans semua tentang nasi goreng kreasi kami🙂

Kami menyukai nasi goreng dengan irisan daun jeruk dan udang rebon. Berikut bahan dan caranya🙂

Bahan:

Nasi Putih (untuk 2 porsi)

Telur

Bawang merah, 3 siung, iris

Bawang putih, 1 siung, iris

Daun jeruk, 2-3 lembar, iris halus

Udang rebon, sejumput atau sekitar1 sdm

Cabe giling, setengah sdm

Daun bawang, 1 batang, iris

Garam

Seledri, iris

Minyak untuk membuat telur mata sapi dan untuk menumis

Cara:

1. Buat telur mata sapi

2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berwarna agak kuning

3. Masukkan irisan daun jeruk dan udang rebon, tumis hingga harum

4. Masukkan cabe giling, aduk rata, kemudian masukkan daun bawang dan garam, tumis hingga harum. Garam tidak usah terlalu banyak karena udang rebon sudah asin

5. Masukkan nasi putih, aduk hingga rata

6. Masukkan irisan daun seledri, aduk rata

7. Terakhir masukkan 1 butir telur ke atas nasi, aduk-aduk hingga rata dan telur tidak basah atau mengering. Icip-icip, bila garam dan bumbu lain sudah ok di lidah, selesai deh. Nasi goreng siap untuk dinikmati🙂

* Kami suka sekali dengan nasi goreng ini karena harumnya daun jeruk ditambah wangi udang rebon…🙂

* Kadang ketika tidak ada udang rebon, kami menggunakan ikan asin disuir atau digiling.

* Udang rebon juga bisa diganti dengan saus tiram sebanyak 1 sdm, tetapi sekarang kami jarang menggunakan saus tiram karena mengandung MSG yang tidak baik untuk kesehatan…🙂

* Seru juga ketika ditambah terasi.

* Pernah pula kami menggunakan irisan daun kunyit, tapi kami kurang menyukai rasanya. Lebih mantap menggunakan daun jeruk🙂

Ok temans, selamat berkreasi dengan nasi goreng🙂

6 responses to “Resep: Nasi Goreng Daun Jeruk

  1. mhhh harumnya daun jeruk akan menggugah selera…dan yang paling penting adalah karena Allah lah yang membuat semua masakan menjadi enak…dan Ani memasak nya dengan tulus, cinta dan kasih sayang 🙂

    • iya uda, sepakat🙂 Alhamdulillah Allah memudahkan tangan kita untuk memasak dengan cinta dan menghasilkan masakan bertabur cinta kemudian dimakan dengan hati penuh cinta pula🙂

  2. Wah… ternyata udah pernah bikin nasi goreng pake daun jeruk ya…
    Kirain itu cuma resep rahasia di tempat kerja saya aja. Hehe…
    Memang mantab banget rasanya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s