Sudah Benarkah Prioritas dalam Hidup Kita???

Kadang, kita perlu sejenak berhenti dari segala aktivitas . Merenung sejenak setelah shalat, ataupun malam hari menjelang tidur. Terserah kapan waktu yang kita pilih, tetapi kita sejatinya memerlukan waktu untuk berdiam sejenak.

Kesibukan seringkali membuat kita lupa akan prioritas sebenarnya dalam hidup . Atau seringkali walau kita telah memilih prioritas yang benar, namun seringkali kita berjalan menjauhi prioritas tersebut. Apakah maksud saya?

Manakah yang menjadi prioritas kita: keluarga atau pekerjaan rumah tangga??? 

Saat cucian menumpuk, piring kotor belum dicuci, lauk untuk makan siang belum selesai dimasak, sementara anak merengek minta diajari menggambar, apa yang akan kita pilih??? Anak atau pekerjaan??? Ah, bukankah sebentar lagi suami akan pulang istirahat siang, sedangkan anak bisa diajari nanti saja selepas siang hari… Ah, Bagaimana nanti makan suami kalau masakan belum siap??? Bukankah godaan pemikiran-pemikiran itu seringkali muncul???

Manakah yang menjadi prioritas kita: keluarga atau bekerja??? Baik bekerja di kantor, pasar, dll…

Seringkali seorang istri mempunyai alasan mengapa ia memilih tetap bekerja walau telah menikah. Saya tak menyalahkan siapapun dengan alasan apapun, karena semua kita telah “MEMILIH”. Pertanyaannya memilih karena apa? Karena Allah kah, karena gengsi pribadi kah, alasan pengembangan diri kah, atau karena kebutuhan hidupkah???

Seringkali kebutuhan hidup membuat seorang istri “dipaksa” oleh keadaan keluar dari rumah untuk mencari nafkah. Sedangkan mencari nafkah adalah sesuatu yang dibebankan kepada seorang suami. Mari kita renungkan, bila alasan kita keluar mencari nafkah bukanlah karena keadaan yang memaksa, dan suami pun telah memenuhi kewajibannya mencari nafkah, jadi buat apa kita mencari nafkah pula?

Saya dulu berpikir bahwa bekerja adalah salah satu sarana pengembangan diri dan aktualisasi diri perempuan. Benarkah demikian?? Bukankah faktanya banyak wanita yang bekerja tidak berkembang dari segi manapun. Ia hanya mengerjakan pekerjaan monoton dan mengejar ambisi pribadi yang semakin menjauhkannya dari keluarga. Sangat disayangkan bila keadaannya demikian.. Sudahlah rumah ditinggalkan, anak “dipercayakan” kepada pengasuh yang sejatinya Allah telah mempercayakan kepada dirinya, kebutuhan anak akan perhatian, bimbingan, dan kehangatan seorang ibu hanya diberikan di sore hari sepulang bekerja hingga pagi hari sebelum berangkat kerja. Itupun terpotong dengan jam tidur malam. Belum lagi perhatian yang hanya sekian persen untuk anak dan keluarga akibat pikiran dipenuhi pekerjaan ataupun masalah di kantor…

Saya ingin sekali mengajak para muslimah untuk kembali ke rumah, bila keluar rumah itu bukanlah sesuatu yang urgent… Karena saya dan seperti banyak para ibu rumah tangga lainnya yang memilih menjadi ibu rumah tangga secara sadar percaya bahwa banyak yang bisa dilakukan seorang muslimah dari dalam rumahnya..

Kadang saya merasa miris sekali melihat kehidupan… Kehidupan yang sejatinya indah namun berubah karena salah dalam memilih prioritas… Bila keluarga dan anak adalah prioritas dalam hidup kita, maka berjalanlah mendekati keluarga dan anak kita, jangan sebaliknya…

Bagaimana cara memilih prioritas? Mari sandarkan setiap memilih prioritas berdasarkan tuntunan indah dalam Islam. Maka sejenak mari gunakan waktu kita untuk menyusun ulang prioritas hidup.

Sekali lagi saya ingin bertanya, manakah prioritas dalam hidup kita???

***Wallahua’lam… ditulis sebagai renungan pribadi…

2 responses to “Sudah Benarkah Prioritas dalam Hidup Kita???

  1. alhamdulillah ya Ani, Allah menunjukkan kita apa yang menjadi prioritas keluarga kita, semoga kita selalu menjadi orang-orang yang selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah, semoga semua urusan keluarga kita dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah🙂

    Semoga Allah selalu memudahkan Ani dalam mengembangkan diri dari rumah dengan memberikan ide-ide segar dan cerdas dalam segalah hal🙂

    Uda sangat bangga dengan Ani🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s